Budaya, Lain

Belajar Sambil Bermain di Sanggaluri Park

Spread the love
Gamelan di Museum Wayang

Hallo, sudah semangat kembali, belum? Setelah libur panjang, akhirnya bisa posting di blog lagi. Berbicara tentang liburan, saya punya cerita juga. Di hari Kamis (05/05/), pagi-pagi sekali adik saya merengek-rengek minta jalan-jalan. Akhirnya mama meminta saya menemani adik, tapi saya enggak mau kalau cuma berdua sama adik (gak enak banget, kurang seru). Dari rencana renang, akhirnya ganti jalur, yaitu ke Sanggaluri Park yang terletak di Jalan Raya Kutasari, Purbalingga.

Memang apa menariknya di Sanggaluri Park?

Pintu Gerbang Sanggaluri Park

 

Bagi yang belum mengetahui isinya, mungkin terkesan biasa-biasa saja. Tai, bagi yang ingin mencari tahu sesuatu, pasti datang ke Sanggaluri Park. Karena di sini terdapat beberapa spot wisata sekaligus untuk belajar. Dan berikut, tempat-tempat menarik di Sanggaluri Park, Purbalingga :
1. Museum Wayang dan Artefak
Foto dengan Pandawa

Di tanah Jawa yang salah satunya Purbalingga, wayang merupakan seni budaya yang tidak boleh ditinggalkan dan dilupakan. Karena hal itu merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan. Bahkan, demi menghidupkan kembali wayang, Bupati Purbalingga sempat menggelar wayang dengan kelir terpanjang dan memecahkan rekor MURI.

Berbagai wayang ada di sini

 

Kembali ke Museum dan Artefak yang terletak di Sanggaluri Park. Di sini pengunjung bisa melihat-lihat seni wayang dari berbagai jenis dan ukuran. Baik wayang golek, wayang kulit, wayang suket (wayang rumput, karena terbuat dari rerumputan khusus yang tumbuh di bulan Sura), dan wayang-wayang lainnya. Selain itu juga terdapat batu-batu atau artefak peninggalan zaman pra sejarah. Di sini juga disajikan gamelan lengkap tepat di tengah-tengah museum.

Bermacam-macam artefak :

 

 

 

Bukan hanya wayang dan artefak, pengunjung pun dimanjakan dengan patung-patung dengan pakaian adat Purbalingga dan Banyumasan pun menghiasinya. Dengan begitu, suasana museum terkesan indah dan sedap dipandang mata.
2. Area Unggas
Foto dengan Kakaktua

Area ini sangat cocok bagi anak-anak untuk belajar dan bermain sambil mencari tahu tentang jenis-jenis unggas. Meski tidak seluas kebun binatang, di sini saya dan pengunjung lain disuguhkan untuk menyaksikan keindahan dan keunikan unggas-unggas yang cantik maupun menawan. Memang banyak yang tertarik akan kecantikan merak yang sedang mengepakan sayapnya. Sungguh indah karena bulu-bulunya yang berwarna-warni melebar seperti kipas.

Pas banget, meraknya lagi mekarin bulu
3. Taman Batu dan Area Outbond Mini
Di taman batu, ada patung gajahnya πŸ˜€

Lahan ini sengaja dibuat untuk bersantai, beberapa patung-patung dibentuk dengan segala rupa seperti patung gajah dan sederet katak. Setelah itu, bagi yang ingin terapi ikan, boleh saja. Merasakan gigitan ikan kecil-kecil di kaki itu rasanya sesuatu banget loh πŸ˜€ :D. Jika sensai itu belum cukup untuk membuat β€˜senam jantung’, kita bisa menocba outbond mini dengan berjalan melayang di jembatan yang tidak stabil dan berpegangan pada seutas tali (rasanya loh, cukup membuat deg-degan).

Ini nih, yang seru!

 

4. Museum Uang
Museum Uang

Uang, siapa yang tidak kenal dengan uang? Kalau berbicara uang, mata langsung berbinar-binar. Tapi, uang di sini tidak boleh diambil dan atau digunakan karena sebagai benda-benda yang unik dan langka di museum. Sangat menarik memang, pengelola mampu mengoleksi berbagai macam pecahan uang dari beberapa negara di dunia ini. Untuk mata uang Indonesia saja, banyak yang saya tidak kenal, karena mata uang tersebut sudah sangat lampau (terbit sebelum saya lahir), hehehehe.

Berbagai macam uang ada di Museum uang

 

Selain uang, di sini juga sebagai tempat pengoleksi perangko terbanyak. Nah, di sini saya jadi ingat zaman SMP yang bercita-cita sebagai vilateli (pengoleksi perangko), tetapi sayang, sekarang jarang surat-suratan. Dari tahun ke tahun, perangko di sini disuguhkan dan dibingkai dalam bentuk yang menarik. Selain perangko, foto-foto lawas para Pemimpin Purbalingga pun berderet.
5. Rumah Pintar Purbalingga
Profil Albert Einstein ada di Rumah Pintar

Dari namanya saja terlihat bahwa tempat ini cocok untuk wisatawan yang ingin belajar dan menimba ilmu. Di sini terdapat beberapa informasi mengenai Sains dan Teknologi serta sejarah di Indonesia. Bahkan, foto Albert Einstein pun dipajang di tempat ini.

 

6. Tempat Reptil dan Serangga
Ngeri juga, foto sama ular ini πŸ˜€

 

Siapa yang ingin melihat ular besar? Di sini tempatnya. Jujur saja, tempat ini cukup membuat detak jantung semakin cepat. Bukan karena bertemu seseorang yang menawan, melainkan melihat koleksi binatang-binatang reptil yang banyak. Setelah bosan melihat ular dan reptil lainnya, kita bisa melihat fosil-fosil serangga dan kupu-kupu yang telah diawetkan. Dari segala bentuk dan ukuran pun ada di sini.

Beberapa fosil kupu-kupu :

 

Nah, itulah tempat untuk bermain dan belajar bersama keluarga, teman, kerabat atau bahkan satu sekolah bisa menikmatinya. Untuk tiket masuk juga masih tergolong murah, karena satu orang hanya dibandrol Rp 13.000,00 (tiga belas ribu rupiah), bisa berkeliling dan belajar dengan santai.

Tagged , , ,

About travelingku

Perempuan yang suka menulis dan travelling. Blogger | Writer | Chef of Family | Traveller | Buzzer. Untuk kerjasama bisa menghubungi via email : eri.udiyawati@gmail.com or WA : 0812 2562 9943. Media sosial Instagram : @es_pania , Twitter : @espaniaudya
View all posts by travelingku →

13 thoughts on “Belajar Sambil Bermain di Sanggaluri Park

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *