Menyambangi Warung Makan Legendaris di Purbalinga, Ayam Goreng Lunak Non Presto Mbok Sarun

By Eri Udiyawati - 17:33:00

Ayam Goreng Lunak Mbok Sarun

Perjalanan dalam mencari kuliner enak itu tiada akhirnya. Setelah waktu itu menyambangi Sroto Klamud Toyareja, beberapa hari kemudian saya melipir ke salah satu warung makan yang cukup melegenda. Iya, sudah lebih dari 25 tahun warung ini tetap eksis hingga sekarang. Coba tebak? Bagi warga Purbalingga pastinya juga tidak asing lagi, karena warung makan ini sangat terkenal. Ialah Warung Makan Ayam Goreng Lunak Non Presto Mbok Sarun. Ayam goreng kampung tapi tulangnya lunak, padahal tidak menggunakan presto. Itulah hebatnya, makanya warung ini sangat terkenal. Meskipun Mbok Sarun sudah almarhumah, tetapi resep beliau diturunkan kepada anaknya. Sehingga bisa meneruskan warisan kuliner keluarga yang enak dan gurih.

Dan pas itu, masih di bulan puasa yang jauh sebelum adanya pandemi Covid-19, saya dan suami menyambangi warung makan Mbok Sarun. Saya yang enggak puasa, suami sih jelas puasa. Jadi, sengaja banget saya pagi-pagi ke sana. Karena rencana hari itu buat hunting kulineran cukup banyak. Jam setengah sembilan pagi seingat saya, berangkat menuju warung makan Ayam Goreng Kampung Lunak Mbok Sarun, yang terletak di Desa Majapura, Bobotsari.

Warung Makan Ayam Goreng Mbok Sarun
Tempat parkir yang luas
Baca juga: Kampung Warna Bobotsari, Wisata Murah Meriah yang Full Colour

Karena puasa, tentunya pagi hari masih sangat sepi. Jadi, saya bisa leluasa dan tak perlu antri. Langsung deh, pesen buat sarapan, nasi sama ayam goreng yang udah dipotong dan teh manis hangat. Iya, menu yang saya pesan ini menu yang ekonomis dan cukup buat sendiri. Kalau ramai-ramai, lebih enak dan pas pesen yang ayam 1 ekor. Bakalan mantap dan puas.


Ayam Goreng Kampung Mbok Sarun
Daftar harga di Warung Makan Ayam Goreng Mbok Sarun

Tak berapa lama pesanan saya datang, pertama kali nyicipin tentu ayamnya. Dan bener banget, rasa ayam gorengnya itu gurih, dagingnya empuk, padahal ayam kampung lho. Biasanya, kalau masak sendiri, daging ayam kampung itu alot kalau enggak dipresto.

Saya makan dengan lahapnya, maklum belum sarapan. Ditambah lagi, lalapan kobis dan mentimun serta sambal yang pedasnya enggak membakar lidah, jadi saya asyik dan enak menikmatinya. Tak terasa, satu porsi sudah habis. Sampai-sampai saya ngegigit tulang ayamnya, ternyata bener, tulang ayamnya juga lunak. Aduuh, fix ini mah, kuliner legendaris yang wajib dilestarikan.


Ayam Goreng Mbok Sarun
Makan, Guys..

Setelah selesai makan, saatnya bayar, dong. Saya menuju kasir untuk membayarnya, ternyata harganya murah banget untuk menu paket hemat ini. Nasi plus ayam goreng, lalapan dan sambal, hanya Rp 17.000, sedangkan air teh manis hangat hanya Rp 5.000, beneran murah deh. Pantas, tetap eksis sampai sekarang karena harganya juga sangat bersahabat dan tidak membikin kantong jebol. Oh ya, untuk harga sewaktu-waktu bisa berubah, ya.


Ayam Goreng Mbok Sarun
Kalau datang ramai-ramai, pilih ayam goreng utuh ini.
Harga Rp 110.000/1 ekor ayam kampung
Sumber foto: Instagram @mboksarunpusat

Okelah, itu cerita tentang kuliner legendaris yang ada di Kabupaten Purbalingga, tepatnya di daerah Bobotsari. Jadi, bagi teman-teman yang main ke Purbalingga, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Ayam Goreng Lunak Non Presto Mbok Sarun 100% Ayam Kampung. Dijamin tidak nyesel, malah ketagihan terus.

See you di perjalanan kuliner selanjutnya. Bye bye. Terima kasih.

Ayam Goreng Lunak Mbok Sarun
100% Ayam Kampung
Jl. Menur B1/C33, Dusun 2, Majapura, Kec. Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53353
Instagram: @mboksarunpusat
No. Tlp: 0281-759032 / 0852 2741 7000

  • Share:

You Might Also Like

26 komentar

  1. Wah, legendaris sekali warung ini. Udah lama banget ya, 25 tahun. Cocok buat makan makan bareng teman dan keluarga, ayamnya menggoda sekali

    ReplyDelete
  2. Wuih mantap ilmu goreng ayam kampungnya Mbok Sarun padahal tanpa presto ya. Biasanya kan presto jadi andalan.

    ReplyDelete
  3. Wah jadi ngiler aku, Mbak... Hobi banget soalnya makan ayam goreng. Hehe, maka kok hobi ya. Maksudnya, suka gitu lo. Apalagi kalo yang lunak-lunak dan keistimewaannya tanpa presto, ayam kampung pula. Wah bikin penasaran nih.

    ReplyDelete
  4. Waduuuh, enak2 trus murah segini mah ya mbak. Paling suka makan ayam tulang lunak, mudah digigit dan dikunyah. Apalagi kalau bumbunya juga echo maricho. Boleh juga nih kepunyaan Mbok Sarun kapan2 dicoba :)

    ReplyDelete
  5. Sukaaa banget ayam goreng, apalagi yang ayam kampung tapi lunak dan renyah. Hm boleh ini dicari pas main ke Cilacap nanti ngelaju ke Purbalingga

    ReplyDelete
  6. Sukaaa banget ayam goreng, apalagi yang ayam kampung tapi lunak dan renyah. Hm boleh ini dicari pas main ke Cilacap nanti ngelaju ke Purbalingga

    ReplyDelete
  7. Duh langsung auto ingin baca nasi putih nih, enak kayaknya yah.

    ReplyDelete
  8. wah, kalau ayam gorengnya tulang lunak tinggal lhep makan ya...enak. Murmer juga harga sekian, sungguh menggoda berteman sambal dan alalapan.

    ReplyDelete
  9. ayamnya menggugah selera mbak..
    kapan-kapan kalau ke purbalingga aku mau mampir
    klo dari purwokerto jauh g mbak? krn aq biasa rakernya di purwokertonya daerah unsoed

    ReplyDelete
  10. aku penyuka ayam kampung mba, klo ayam sayur biasa cuma klo ga ada alternatif aja aku mau makan. sama klo di rumah klo pas ga bs ayam kampung ya masakin aja buat anak...
    pasti enak bgt itu ayam kampung yang bisa lunak tanpa dipresto, luar biasa lho. kloyg dipresto kan wajar ya jd lunak. penasatan ih

    ReplyDelete
  11. Ayam goreng kampung udah sama nasinya cuma 17 ribu, itu murah banget mbak. Apalagi di warung makan yang udah melegenda. Biasanya kan klo udah punya nama dan melegenda gitu, harganya jadi mahal

    ReplyDelete
  12. Entah kenapa makanan ayam tuh nggak pernah nggak enak alias selalu enak! Kalau ke Purbalingga kayaknya harus ke sini deh :)

    ReplyDelete
  13. laper banget aku liatnya, ayam goreng tulang lunak the best buat jadi menu makanan keluarga, ditambah samble yang enak banget. anakku bisa nambah ini mah

    ReplyDelete
  14. Aku kok malah galfok lihat menunya mba, ada sayur tempe. Biasanya kalau sayur tempe khas rumahan gitu enaaaakk banget. Cucok tuh untuk pelengkap makan ayam gorengnya. Duuuh ngilerr deh.

    ReplyDelete
  15. Duh duh ngences deh pengen makan ayam kampung goreng tulang lunak jugaa, jarang banget ya ayam kampung bisa lunak dimasaknya keren deh..apalagi kalau sambalnya mantap...

    ReplyDelete
  16. Ayam goreng lunak harganya 110ribu itu buat seekor kayaknya ya mba hahah. Tp murah-muraaaah banget yaaa kalau kulineran di Purbalingga ini, aku super ngiler deh buat nyobain ATL ini yg tanpa presto

    ReplyDelete
  17. satu ekor ayam kampung itu dapat berapa potong mba? aku suka banget nih ayam goreng apalagi ayam kampung. auto kepingin makan ayam habis baca postingan ini

    ReplyDelete
  18. Senang ya kalau pas traveling ada tempat makan enak yang bisa ditandai untuk next dikunjungi lagi
    Apalagi kalau membawa orang berbeda
    Ceritanya bisa beragam

    ReplyDelete
  19. Wah.. Lunak pdahal gak pake presto ya mba. Berarti full ungkep sampe lunak gitu ya. Pasti enak banget tuh meresap bumbunya. Jd pengen ikut nyicip jugaa

    ReplyDelete
  20. Purbalingga kulinernya asik bangeett...
    Makan kenyang, nikmat dan yang paling bikin happy liat bill, ternyata harganya mantap.
    Langsung bungkuusss~

    ReplyDelete
  21. rumah makan yang udah bertahan sampe 25 tahun dah pasti legend sih ya masakannyaaaa.. tapi harganya masih terjangkau banget ya maaaak

    ReplyDelete
  22. Adududuh, aku ngiler lihatnya. Enak banget kayaknya ya. Lunak sampe ke tulang, tapi penampakannya masih utuh begitu. Jadi kepengen masak ayam deh nanti siang 😁

    ReplyDelete
  23. Auto laper deh mampir kesini...kebayang tuh lezatnya ayam goreng kampung yang sampe tulangnya pada lunak..Makannya sama nasi anget+sambel+lalapan... Minumnya teh nasgitel..waduhhh surga bangettt

    ReplyDelete
  24. Ayamnya keliatan enak nih, kebayang kulitnya gurih renyah gitu, apalagi dicocol sambel, mantaapp

    ReplyDelete
  25. Wah, nostalgia ketika kita bebas makan di luar tanpa kuatir covid menyerang ya, Mbak :D

    ReplyDelete
  26. Yaampun Mba Eryyy, malem-malem baca postiingan ini aku auto lapeeerr. Teganya dirimu Mbaaa *hloh *salahsiapa, wkwkwk.

    Sama kaya ibuku nih, bisa masak ayam kampung tapi empuk padahal nggak dipresto. Ayam kampung yang memang aslinya udah gurih jadi makin maknyuss ya kalau empuk. Dijamin nambah nasi mulu, hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)