Flashback Event di Purbalingga Sebelum Pandemi Melanda

Flashback event di Purbalingga sebelum pandemi

Tahun-tahun sebelum pandemi, 2018 - 2019, di Kabupaten Purbalingga dipenuhi event-event menarik. Bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga dari luar daerah berdatangan. Juga mampu menghadirkan bintang tamu artis nasional.

Sayangnya, tahun 2020 pandemi Covid-19 melanda negeri tercinta kita. Semua berusaha untuk jaga jarak, stay at home, bahkan work from home. Jangankan event yang bisa mendatangkan banyak orang, keluar rumah untuk beli sayuran saja parno. Belum lagi adanya peraturan pembatasan kegiatan masyarakat. Rasanya benar-benar tak bisa gerak. Otomatis, semua event dan kegiatan yang mengundang kerumunan masa ditiadakan. Kita semua ikhtiar melawan pandemi.

Untuk itu, kali ini saya mengajak flashback event-event sebelum pandemi sebagai pengobat rindu. Semoga saja, tahun-tahun selanjutnya akan banyak event yang menarik lagi.

Disclaimer dulu, ya. Yang saya share di sini, event yang saya ikuti. Bisa jadi apa yang saya share hanya sedikit, karena ketidaktahuan saya, ataupun karena saya tidak datang secara langsung pada saat acara tersebut.

Event di Tahun 2018


Yuk, kita mulai event-event di Purbalingga pada tahun 2018.

1. Gebyar Batik Khas Purbalingga, Mei 2018


Gebyar batik Purbalingga

Bukan rahasia lagi kalau Purbalingga memiliki sentra batik yang eksis dan terus menciptakan motif baru. Untuk terus menggali potensi tersebut, hadirlah Karnaval atau Pawai Gebyar Batik Khas Purbalingga.

Acara tersebut digelar di Alun-alun Purbalingga. Ribuan warga turut menyaksikan lenggak-lenggok para model yang berjalan di karpet merah dengan gaun yang elok. Gaun-gaun tersebut merupakan karya designer asli Purbalingga yang tak patah semangat untuk tetap berkarya.

Selain itu, hal yang menarik lainnya ialah, bukan hanya peserta umum yang ikut menjadi Gebyar Batik Khas Purbalingga, melainkan dari beberapa sekolah juga ikut terjun dan eksis untuk meramaikannya.

Kalau melihat keramaian begini, jadi kangen, ya? Semoga akan ada lagi event seperti ini.

2. Sepeda Wisata Purbalingga Memikat, Agustus 2018


Sepeda wisata Purbalingga Memikat

Bagi pecinta gowes, dengan adanya event Sepeda Wisata ini tentunya sangat tertarik. Belum lagi, ada dorprize 2 unit sepeda motor, serta hadiah menarik lainnya yang bisa dibawa pulang oleh peserta yang beruntung. Belum lagi, tanggal 24 Maret 2019, para peserta juga akan diundi untuk memenangkan sebuah unit mobil.

Hanya dengan mendaftar Rp 35.000, para peserta sudah bisa mengikuti Sepeda Wisata Purbalingga Memikat yang dilaksanakan pada Minggu, 05 Agustus 2018. Start dan finish di Owabong, sudah free masuk Owabong juga masuk ke wisata Telaga Situ Tirta Marta.

Acara gowes ini beneran ngangenin banget. Ribuan peserta memadati Owabong Cottage. Beraneka ragam peserta dan sepeda yang keren-keren.


3. Kopi Merdeka II, September 2018


Kopi Merdeka 2018

Event yang saya ikuti selanjutnya ialah gelaran Festival Kopi Merdeka yang diselenggarakan oleh Komunitas Pecinta Kopi dan UMKM yang ada di Purbalingga. Waktu itu diadakan di Selasar Pandang Owabong, Minggu, 15 September 2018.

Dari Festival Kopi Merdeka ini, saya jadi tahu, bahwa banyak cara untuk menikmati kopi. Selama ini setahu saya hanya kopi diseduh dengan air panas dan perlahan disruput. Nyatanya, rupa-rupa kopi banyak jenis dan ragamnya.

Selain itu, jadi tahu, bahwa di Purbalingga, ada beberapa produk kopi lokal yang enak dan mampu bersaing dengan kopi-kopi lainnya.

4. Festival Gunung Slamet IV, September 2018


FGS 2018

Salah satu event yang selalu dinantikan ialah Festival Gunung Slamet (FGS) yang mulai digelar pada tahun 2015. Di tahun 2018 gelar pada minggu terakhir bulan September 2018.

Kegiatan acara adat dan pawai budaya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalinga, selalu diminati pengunjung. Tak heran, ribuan orang rela berdesak-desakkan untuk melihat keseruannya.

Belum lagi pada malam puncaknya di hari Minggu, 30 September 2018, ada penampilan Musik Akustik dari Andra and The Backbone yang mampu menghibur penonton di malam dingin yang penuh kabut.


Event di Tahun 2019


Di tahun 2019 sebenarnya juga banyak event yang digelar di Purbalingga. Namun, banyak yang saya skip karena kondisi dan hal lainnya.

1. Grebeg Onje, Mei 2019


Grebeg Onje 2019

Salah satu gelaran atau festival budaya yang dilaksanakan di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga pada tanggal 01 - 03 Mei 2019. Acara tersebut juga cukup panjang, seperti ziarah kubur, tahlil dan doa bersama, saresehan sejarah Onje, ribual belik pitu, jodangan, dan lain sebagainya.

Puncaknya, di hari terakhir, terdapat hiburan rakyat dari jam satu siang hingga selesai.

2. Young Entrepreneur Festival, Agustus - September 2019


YEF 2019

Acara yang enggak kalah seru ialah Young Entrepreneur Festival (YEF) 2019. Acara ini diselenggarakan pada 30 Agustus hingga 01 September 2019 di Taman Usman Janatin City Park.

Bukan hanya sekadar mengenalkan produk lokal Purbalingga melainkan juga launching program Tuka Tuku dan kolaborasi dengan ecommerce kesayangan. Ada juga workshop, giveaways, community show, dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya.

3. Goa Lawa Jazz, September 2019


GoJazz 2019

Goa Lawa Jazz (GoJazz) 2019, merupakan event yang fenomenal. Pasalnya, gelaran musik Jazz diadakan di komplek Goa Lawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Tak tanggung-tanggung, bintang tamunya ialah Marcell Siahaan.

Acara ini diselenggarakan pada Minggu, 15 September 2019 mulai pukul 13.00 WIB. Dengan adanya Marcell Siahaan yang tampil memukau, membuat pengunjugn Goa Lawa terhibur dan turut terhanyut dalam merdunya suara, serta indahnya lirik lagu yang dinyanyikannya.

4. Festival Gunung Slamet V, September 2019


FGS 2019

Event
Festival Gunung Slamet selalu mendulang kesuksesan, tentunya di tahun 2019 juga hadir kembali. Digelar dari tanggal 27 hingga 29 September 2019. Rasanya di bulan September 2019 itu penuh cinta banget, ya. Setelah seminggu sebelumnya ada GoJazz 2019, di akhir bulan ada FGS V.

Bintang tamunya juga tak kalah menariknya lho, karena menghadirkan Anji untuk tampil di malam puncak FGS V. Dengan melodi dan lirik yang indah berhasil menyihir para penonton terbuai.

5. Kopi Merdeka III, Desember 2019


Kopi Merdeka 2019

Di penghujung tahun 2019, event selanjutnya ialah Kopi Merdeka Season 3. Setelah sukses di tahun-tahun sebelumnya, Kopi Merdeka juga hadir lagi. Bertempat di Hutan Kota Wasesa (Selatan Pasar Segamas) pada Sabtu, 14 Desember 2019.

Selain bisa menikmati berbagai macam kopi, juga bisa menikmati berbagai kuliner, musik, dorprize dan tentunya ada talkshow yang menarik.

Penutup


Okaylah, banyak juga ya event-event sebelum pandemi. Semoga di tahun depan akan ada lagi keseruan seperti ini dan lebih menarik lagi.

Terpenting, semoga kita semua sehat dan bisa menikmatinya. Okay, sampai di sini dulu ya, salam pariwisata. Purbalingga Memikat.

10 comments

  1. wah seru sekali event2 nyaa~ memang beda ya event sebelum era masker melanda xD sy kalau mudik juga ke jawa tengah mba, purwokerto, deketan ya ^^ hehe

    ReplyDelete
  2. waah..ramai juga event di purbalingga sblm pandemi yaa.. semoga saat ini dan selanjutnya, keg seperti ini mulai bisa eksis kembali meski mungkin dg beberapa penyesuaian di sana-sini. thx sharing infonya ya..

    ReplyDelete
  3. Mbaaa kalau di daerahku nih mulai rame lagi sama festival2 padahal dulu sepiiii apalagi pas pandemi. Ada rasa senang tersendiri dapat hiburan dan konten gratis wqwq..

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat awal-awal nikah udah disambut pandemi, sehingga nggak bisa kemana-mana karena terbatas, betul, parno mau beraktivitas dengan banyak orang. Beruntung 2 tahun lalu telah dilalui ya mbak, smoga kedepan lebih banyak event yang diselenggarakan pun bisa ikutan meramaikan juga

    ReplyDelete
  5. 2 tahun sebelum pandemi tidak pernah tahu atau mengira kalau bakalan terjadi momentum tersebut, penuh perjuangan melalui masa masa pandemi,
    Alhamdulillah pandemi smoga telah usai, dan smoga ada event event lain yang bisa diikuti dengan keadaan sehat walafiat tentunya

    ReplyDelete
  6. Wuih aku ngebayangin event goa lawa jazz itu keknya syahdu banget ya. Menikmati alunan musik jazz dgn lattar belakang goa lawa. Ternyata banyak acara kecw di puebalingga

    ReplyDelete
  7. wow banyak event yang dilaksanakan sebelum pandemi yaa. semoga tahun ini dan tahun-tahun mendatang event-event mulai digelar lagi. Semoga covid-19 gak bali-ballik lagi agak semua event yang direncanakan bisa direalisasikan, amiin

    ReplyDelete
  8. pasti kangen banget ya Mbak bisa ikut event seperti begini lagi, tahun 2022 kayaknya udah mulai ya event-event dilaksanakan.

    ReplyDelete
  9. wah saya baru tahu nih event-event yang ada di purbalingga. jadi ingat memang selama 2 tahun terakhir kita hampir tidak mengadakan event apapun yaa. di kotaku juga sekarang sudah mulai lagi ada event-event terutama pas ulang tahun kota dan provinsi kemarin

    ReplyDelete
  10. Kangen banget dengan event offline ya. Masyaallah banyak sekali event yang diikuti, saya termasuk yang jarang tapi udah rindu sekali, apalagi kakak yang sering ikut ya. Semoga tahun-tahun kedepan event offline akan sering ada lagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)