6 Olahraga untuk Kolesterol Tinggi, Santai dan Menyehatkan

6 olahraga untuk menurunkan kolestrol tinggi

Halo, Sobat Travelingku. Hobby berburu kuliner itu menyenangkan. Apalagi kuliner seperti sate, ayam bakar, sea food, junk food, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kondisi badan tetap sehat dan fit.

Jangan sampai karena kita memiliki kegemaran suka makan, ada bibit penyakit yang timbul. Sungguh tidak enak, bukan? Salah satu penyakit yang timbul dari akibat makanan ialah kolestrol tinggi. Nah, untuk mencegahnya ialah dengan cara berolahraga.

Hobby Makan Tetap Lancar dengan Olahraga


Ya, seperti yang sudah disampaikan, kolestrol itu selalu mengintai kita. Untuk itu, kita harus bisa mencegahnya, jangan sampai penyakit itu datang pada diri kita. Hal yang paling bagus dilakukan tentu saja olahraga.

Olahraga untuk kolesterol tinggi, menjadi salah satu alternatif ketika pola hidup sudah mulai menunjukkan tanda tidak sehat. Kadar kolesterol yang tinggi, tentu tidak terjadi dalam satu dua hari.

Namun, hal ini terjadi secara kontinyu dan merupakan akumulasi dari semua makanan dan minuman yang kita konsumsi secara berlebih dan tidak seimbang. Itulah mengapa, jika angka kolesterol sudah meninggi, banyak tenaga kesehatan yang juga menyarankan olahraga.

Karena olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk kita yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Ingin tahu olahraga apa saja yang bisa yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol? Yuk simak ulasan berikut ini, ya!

6 Olahraga Menurunkan Kolesterol Tinggi


Olahraga menyenangkan dan menyehatkan

Beberapa penyebab kolesterol dalam tubuh naik adalah karena kita merupakan seorang perokok aktif, gemar mengkonsumsi makanan berlemak, obesitas, mengkonsumsi minuman beralkohol dan tentu saja karena kurang gerak (olahraga).

Berikut merupakan 6 jenis olahraga yang bisa menurunkan kolestrol tinggi. Yuk, cek di sini:

1. Bersepeda


Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan dan menyenangkan. Kita tidak perlu menggunakan sepeda jenis tertentu, karena sepeda jenis apapun bisa kita gunakan.

2. Jalan Cepat


Olahraga untuk kolesterol tinggi yang satu ini, bisa dibilang sangat murah dan mudah dilakukan. Mengingat untuk jalan cepat, kita tidak membutuhkan peralatan yang berlebih.

Bahkan, kita juga bisa berjalan cepat dengan bertelanjang kaki.

3. Lari


Jika tubuh kita memiliki stamina yang cukup tinggi, maka berlari adalah salah satu pilihan yang tepat. Berlari memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, karena kegiatan yang satu ini membutuhkan serangkaian kerja organ tubuh, salah satunya jantung.

4. Berenang


Jangan salah, berenang juga bisa menjadi olahraga untuk kolesterol tinggi. Bahkan, banyak orang yang sedang program diet juga memperbanyak kegiatan berenangnya.

5. Yoga


Apakah Sobat Travelingku penggemar yoga? Atau mungkin malah belum pernah melakukan olahraga yang satu ini? Padahal, yoga sendiri merupakan olahraga yang diyakini bisa membantu menurunkan kolesterol. Meskipun terlihat sederhana, tapi gerakan yoga cukup menghabiskan tenaga.

6. Latihan Beban


Latihan beban yang dimaksud, seperti sit up, angkat besi maupun push up. Jika kita rutin melakukan olahraga tersebut, kolesterol bisa turun dalam waktu yang cukup singkat.

Pakaian yang Nyaman untuk Berolahraga


Belanja pakaian olahraga di Blibli
Belanja pakaian olahraga di Blibli

Untuk melakukan beberapa jenis olahraga untuk kolesterol tinggi di atas, kita membutuhkan pakaian olahraga yang nyaman, misalnya untuk berlari. Salah satu pakaian olahraga yang bisa anda pilih adalah 2XU.

Nah, Sobat Travelingku, tidak perlu khawatir karena bisa mendapatkan berbagai jenis pakaian olahraga dari 2XU ini di Blibli. Karena Blibli hanya menyediakan barang asli yang berkualitas, maka teman-teman tidak perlu khawatir akan mendapatkan pakaian olahraga yang palsu dan tidak nyaman.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan kepada kita saat berbelanja, Blibli juga memberikan fitur asuransi yang bisa digunakan kapan saja. Tidak hanya itu saja, fitur diskusi juga memudahkan kita berkomunikasi dengan penjual seputar informasi produk yang akan dibeli.

Penutup


Olahraga untuk kolesterol tinggi memang cukup banyak ragamnya, ada banyak yang bisa anda lakukan bahkan hanya dari rumah saja. Karena pada dasarnya, ketika kita sedang menurunkan kolesterol maka butuh diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Artinya, selain melakukan olahraga secara rutin, kita juga tetap perlu menjaga dan membatasi konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Termasuk juga tetap rutin melakukan berbagai kegiatan harian, seperti misalnya adalah mengerjakan pekerjaan rumah.

Setelah mengetahui beberapa kegiatan olahraga untuk kolesterol tinggi, maka tugas kita selanjutnya adalah melakukan kegiatan tersebut secara teratur. Bahkan, kita juga bisa melakukan berbagai olahraga secara bergantian setiap harinya untuk menghindari kebosanan dan menjaga agar tetap bahagia saat berolahraga.

Okay, saya rasa sampai di sini dulu ya, Sobat Travelingku. Mari kita jaga kesehatan kita dengan berolahraga. Ini sebagai pengingat diri juga, bahwa punya hobby makan kudu diimbangi dengan olahraga.

Terima kasih sudah berkunjung, dan salam sehat selalu.

14 comments

  1. Wah sebagai pemilik kolestrol yang kadang suka meresahkan kalau lagi makan enak, aku tuh memang mencoba olahraga ringan sih dan ngebantu banget loh mak. Tapi aku gak pernah renang dan latihan beban sih, karena gak bisa

    ReplyDelete
  2. Bersepeda, jalan cepat dan lari ini olehraga yang murah ya mbak, tapi ternyata efeknya bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.
    Olahraga itu identik dengan gerak fisik, jadi memang butuh pakaian yang nyaman

    ReplyDelete
  3. Lari, yoga dan angkat beban sepertinya bukan olahraga yang kusuka :D Kalau jalan cepat dan berenang sih lumayan sering hehehe. Iya dong untuk berolahraga kita idealnya menganakan pakaian yang tepat seperti 2XU ini. AKu jadi penasaran kepengen punya juga. Demi kesehatan dan meminimalisasi kolesterol tinggi, rela deh rutin olga :D

    ReplyDelete
  4. Mak eri itu sub headingnya bikin semangat banget deh : "Hobby Makan Tetap Lancar dengan Olahraga" wkwkwk sebagai yg lagi doyan2 nya makan kayaknya mendapat harapan besar nih hahaha...baiklah tetap boleh yaa makan makan

    ReplyDelete
  5. 🙈 duh apa kabar kolesterol ku yg tinggi. Waktu itu sarannya juga disuruh olahraga tapi mager nya ya Allah.. Padahal simple ya olahraganya

    ReplyDelete
  6. Iyess terima kasih remaindernya maak...apalagi sudah berumur nih harus rajjn olah raga dan menjaga pola makan yang sehat ya maakk..

    ReplyDelete
  7. Intinya olahraga teratur gak berlebihan juga, biar dikit-dikit asal rutin ya Mba. Biar aliran darah lancar gak ada yang menyumbat dan diimbangi polmak sehat

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata ada cara-cara mudah ya Mak, untuk menurunkan kolestrol, dengan berolahraga.

    ReplyDelete
  9. mantap nih listical artikelnya, bisa aku rekomendasiin ke nyokap dan kakak ku yang kolesterolnya cukupp tinggi

    ReplyDelete
  10. Bener selain olahraga rutin harus banget jaga pola makan dan pola hidup supaya makin sehat yah.

    ReplyDelete
  11. Jadi merasa banget kalau kurang olahraga.
    Badan selain pegel juga menunjukkan tanda-tanda yang harus dirasakan dan segera diatasi dengan cara yang tepat. Apalagi yang aktivitasnya sehari-hari hanya rebahan kaya aku, huhu...

    Bismillah..
    2023, Ayo hidup sehat.

    ReplyDelete
  12. Kalo menurut buku yg aku baca, biar hobi olahraga tetep mesti kontrol makanan. Soalnya sisa2 makanan yg gak healthy bisa numpuk di perur

    ReplyDelete
  13. Apapun y jika olahraga dilakukan secara rutin pastinya bikin badan sehat dan terhindar dari aegala penyakit alalg ditunjang makan dn istirahat yg cukup

    ReplyDelete
  14. Salah satu solusi kolesterol ya memang harus gerak ya mbak. Super noted! Nanti aku coba deh karena usia udah mulai 30++ jadi harus rajin menjaga badan dan asupan makanan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)