Tips Sederhana Mendaki untuk Pendaki Pemula

www.travelingku.net
Hai.. selamat sore, teman-teman..

Kali ini saya akan berbagi tips bagi pendaki pemula yang ingin mendaki ke sebuah Puncak Gunung atau Bukit. Karena ada beberapa tahapan-tahapan sebelum melakukan pendakian, apa lagi untuk seorang pemula.


Baca juga: Puncak Batur Cocok untuk Pendaki Pemula

1. Lakukan lari kecil setiap pagi selama 30 menit
Hal ini bertujuan untuk pemanasan agar kaki kita terbiasa untuk berjalan, terlebih bagi kita yang jarang sekali melakukan bepergian dengan jalan kaki. Tentulah sangat diperlukan latihan seperti ini agar tidak kaget ketika jalan menuju puncak yang cukup jauh.

2. Sebelum berangkat harus makan terlebih dahulu
Pastikan bahwa sebelum anda pergi untuk berlibur ke sebuah puncak, perut anda sudah terisi. Ini bertujuan agar anda tidak kelaparan atau pun mudah lelah saat mendaki.

3. Membawa bekal yang cukup
Karena mendaki puncak itu memerlukan energi yang lebih dari aktivitas biasa, maka diwajikan untuk membawa bekal seperti air minum, snack dan bisa juga makanan pokok. Bisa dimakan dalam perjalanan mendaki saat beristirahat sejenak, bisa juga dimakan saat sudah sampai di puncak.

4. Membawa perlengkapan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
Kenapa harus repot-repot membawa barang-barang seperti ini? Pentingkah? Tentu saja penting bagi pendaki pemula, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita pada saat melangkahkan kaki ke puncak. Untuk itu bawalah juga minyak kayu putih atau minyak angin, betadine atau pembersih luka, kain kassa dan plester.

5. Jangan melakukan tindakan asusila
Ini biasanya kerap terjadi pagi pasangan muda-mudi. Ketahuilah bahwa sebenarnya pendakian itu dilarang untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak senonoh. Karena puncak itu untuk menikmati alam yang indah yang telah diciptakan oleh Tuhan semesta alam.

6. Jangan membuang sampah sembarangan
Ini juga, terkadang ada saja yang seenaknya membuang sampah. Ingat, buanglah sampah pada tempat yang memang telah disediakan sebagai tempat sampah. Jika tidak ada tempat sampah, maka bungkuslah sampah itu dan masukkan ke dalam tas, kemudian setelah turun ke base camp buang sampah tersebut pada tong sampah. Karena buang sampah sembarangan itu 'Tidak Keren!'

7. Berdoa

Jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat, selama perjalanan, pada sampai puncak dan pada saat kembali. Biar bagaimana pun, doa adalah sesuatu yang disukai oleh Tuhan. Sesuatu yang mampu menghindarkan kita dari segala kejelekkan karena Tuhan selalu bersama kita semua.

Nah, itu adalah tips sederhana dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang akan melakukan pendakian. Jika kalian termasuk sebagai pendaki pemula, saya sarankan untuk mendaki bukit terlebih dahulu dengan jarak waktu dari base camp yang hampir 2 jam saja.

Terima kasih.

7 comments

  1. Saya termasuk yang kepengen naik gunung dulu waktu muda, tapi sampai sekarang ga kesampaian. Mungkin kalau sekarang naik bukit yang ngga terlalu tinggi ya, mbak Ery hehe. Tipsnya bisa saya pakai kalau suatu hari nanti keturutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak Anjar, mudah-mudahan, bisa terwujud untuk mendaki :)

      Delete
  2. kalau buat aku, ada poin tambahan. minta izin orang tua. soalnya susah banget diizinin mendaki. anyway thank you tipsnya. catatan banget buat aku yang pengen banget mendaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..jarang orang tua yg mau izinin anaknya mendaki.. siiip, Mbak :)

      Delete
  3. Note banget buat aku yang belum pernah mendaki, tapi pingin.

    Eh btw itu nomornya kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Nis, mendaki... asyiik loh..

      Haaa.. iya ini... gak tahu, nanti coba tek edit lagi ;)

      Makasih, Mbak :)

      Delete
    2. Ayo Mbak Nis, mendaki... asyiik loh..

      Haaa.. iya ini... gak tahu, nanti coba tek edit lagi ;)

      Makasih, Mbak :)

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)