Menikmati Kuliner Bebek Khas Tambak, Banyumas

By Eri Udiyawati - 10:20:00

Perjalanan pulang dari Pantai Karang Bolong membawa perut kosong dan kelaparan. Al hasil, yang ada di otak hanya makan, makan, makan dan makan. Namun, sejauh ini kita belum menemukan yang pas untuk disantap. Sambil menengok ke kanan dan kiri, kita terus melaju mencari tempat yang nyaman untuk makan dan beristirahat.



Setelah tiga puluh menit perjalanan, kita sampai di daerah Tambak, Banyumas, Jawa Tengah. Dari tugu dan ucapan selamat datang di daerah ini, kami dihadirkan dengan aroma khas yang sangat menggoda. Berderet warung makan di sepanjang kiri-kanan jalan raya Tambak. Dan, uniknya di daerah ini menyajikan menu spesial, yaitu Kuliner Khas Tambak, daging Bebek. Oh, aroma kelezatan itu semakin membuat perut keroncongan dan tak sabar untuk melahap hidangan nikmat.

Kami pun menurunkan kecepatan kendaraan. Mencari tempat yang pas dan harga terjangkau (oh, ya dong, harus berhemat dan ekonomis). Dan, sampailah di Warung Sate dan Richa-richa Bebek Lombok Ijo 'BUDHE', Tambak.

Kami pun masuk, langsung menemui dua pelayan yang ramah. Saya memesan Richa-richa, dan teman saya, memesan Sate. Sambil menunggu makanan datang, kami duduk lesehan dan selonjoran (meluruskan kaki) untuk menghilangkan lelah sejenak. Tak lupa juga ke wastafel untuk membersihkan muka yang sudah kotor akan debu, pasir, dan lainnya (muka item, ya makin item lah).
Daftar Menunya

Tak berapa lama kemudian, pesanan pun datang. Karena perut sudah kelaparan, untuk mengambil foto-foto makanan pun hanya tiga kali, bahkan lupa untuk selfie dulu (sebenernya wajah udah cemat cemot :D). Jadi, langsung melahap hidangan mantap itu. Untuk Richa-richa bebek sangat lezat, bumbunya sempurna meresap ke dalam daging. Dan, yang paling menyenangkan, daging bebek terasa empuk (tidak alot). Untuk kuah kaldunya sangat terasa tetapi tidak amis, karena di dalamnya ada rempah-rempah seperti kayu manis dan jeruk nipis yang bisa menetralkan amis.

Pokoknya, rasanya yahud dan nyam nyam lezatnyaaaa..
Sate dan Richa-richa Bebek

Eh, tunggu dulu, meski sudah puas menikmati Richa-richa, saya masih tetep ingin menikmati Satenya. Ternyata, masakan di sini bisa diberi nilai 8, karena satenya juga lembut, bumbu meresap dan enak. Masakan Bebek di Warung Lombok Ijo Budhe ini sangat lezat. Selain itu, tempatnya juga nyaman, tersedia pilihan tempat duduk, mau lesehan atau memakai kursi. Tempatnya juga cukup luas, bisa buat leyeh-leyeh (istirahat karena kelelahan).
Bersih dah, nikmat dan lapar.

Hal penting lainnya, harga di warung ini sangat ekonomis. Satu porsi Richa-richa Bebek hanya seharga Rp 15.000, sedangkan Satenya Rp 22.000 per porsi, bisa pesan setengah porsi seharga Rp 15.000,


Jadi, buat teman-teman yang melakukan perjalanan Gombong - Banyumas atau sebaliknya, mampirlah di Warung Sate dan Richa-richa Lombok Ijo Budhe. Tidak akan menyesal karena hidangan tersaji denga lezat, harga juga sangat cocok untuk kita-kita.

  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Wuaaa.. ada paket 15 ribu. Murah banget...
    duh puasa2 liat makanan itu....

    ReplyDelete
  2. Wah pas banget nih mbak pulang kerja buka puasa dimari :D

    ReplyDelete
  3. biasanya saya di tempat PAK ENCUS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg ntu bikin dompet awak.menangis.. wkwkwkwk

      Delete
  4. jadi pengen cepet2 pulang kampung

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. iyaa.. tapi jangan batal puasa yaa.. lihat makanan di siang hari :D

      Delete
  6. mantap tuh Bebek khas tambak Banyumas....
    .
    oh ya, ini ada sedikit info Kuliner Kaki Lima Bandung

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)