Karena Setiap Rasa dan Langkah Mampu Memberikan Inspirasi.

Tuesday, 14 November 2017

Jalan-jalan ke Purwokerto? Jangan Lewatkan untuk Nyicipin Kue Serabi yang Lezat ini

Purwokerto, merupakan ibukota dari Kabupaten Banyumas. Kota yang dibanggkan dan mendapatkan julukan kota satria, saat ini perkembangannya kian pesat dan maju. Banyak bangunan gedung-gedung menjulang tinggi berdiri kokoh. Ya, tak heran juga, karena sebagai kota yang cukup maju, baik dari segi pendidikan, ekonomi dan persaingan bisnis, kian menjamur di kota satria ini. Banyak pelancong dari mancanegara atau mereka yang berbisnis singgah di kota ini. Menikmati semilirnya kota tapi sejuk dan mudah untuk terkoneksi ke mana-mana karena terdapat stasiun kereta api.

Ah, tapi saya tidak akan membahas bagaimana perkembangan ekonomi dan bisnis di sini. Karena saya bukan pengamat ekonomi yang andal dan mahir. Saya hanyalah seorang hoby berbelanja dan jalan-jalan meski hanya keliling kota, hahahaa.

Lanjut ke topik, Purwokerto ini tetangga saya, iya, tetangga kabupaten, karena saya tinggal di Purbalingga. Kebetulan suami saya orang Purwokerto, jadi sekarang saya bisa sering jalan-jalan ke kota ini.


Pas itu nginep di rumahnya, Minggu pagi kami jalan bareng (asli jalan kaki) mencari kudapan khas namun yang enak dan terpercaya, serta bukan makanan kekinian yang lagi ngetrend. Pak Suami akhirnya menyarankan untuk menyicipi kue serabi. Kan nikmat banget tuh, pagi-pagi abis subuh langsung melahap serabi anget, enak daah. Demi kue serabi kita jalan-jalan.


Sampai di tempat ternyata ngantriiii.. Kue Serabi yang ada di Jalan Bank, Purwokerto ini memang selalu diburu oleh pelanggan. Selain itu, harus pagi-pagi betul kalau mau ke sini, biar enggak kehabisan.

Ya, wajar saja si ya di sini ngantri, rasa serabinya juga banyak varian rasa, dari serabi putih, serabi gula merah, serabi telur, serabi pisang, serabi keju dan serabi meses. Kita berdua tentu ikut ngantri sambil jeprat jepret dulu (but no wefie or selfie, sebab belum mandi) hihihihi.
Rasa tradisionalnya ngena banget

Tungku yang dibuat masih menggunakan tungku zaman old (baca : zaman dulu), pembakarannya juga menggunakan arang, bukan dengan kompor yang kecil. Dengan penuh kesabaran dan teliti, mereka menuangkan adonan ke dalam wajan kecil juga. Satu per satu dituang, satu per satu juga mereka buka, mengecek apakah sudah matang atau belum. Untuk varian rasa tergantung selera penikmatnya. Saat sebentar lagi matang, rasa yang diinginkan pembeli dimasukan, baik itu cokelat, pisang, keju, atau meses. Kalau yang rasa original gula merah, tunggu matang sempurna langsung diangkat.
Mari kita makan serabi, mumpung masih panas.

For your information, kue serabi ini harganya Rp 3.000/buah. Lezat dan murah deh ^_^

Setelah menunggu bebarap saat, akhirnya pesanan kita datang. Icip-icip serabi di Jalan Bank ini memang enak. Rasa legit dan manisnya pas. Kebetulan kita pesan yang original dan toping keju, ternyata enak juga. Cocok deh sambil jalan-jalan atau joging di pagi hari, terus mampir buat ngisi perut dengan serabi yang masih anget (malah panas).


Enaaak....

Serabi Aneka Rasa
Bu TINI
Jalan Bank (Depan Apotek Fajar Sehat)
Purwokerto
HP : 0852 2759 0344

Share:

18 comments:

  1. kemutan jaman 2005 hehehe liwat e kono terus :D di tempat sodara belakang Pasar Manis, srabine beda dengan serabi Solo ya .... jaman e esih seneng Gelut gemiyen isuk isuk lari lari nang kidul MORO pas pertigaan kae yo eneng mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, beda sama serabi notosuman.. hihihi woh jebule mbiyen uripe neng Pwt juga, tahun 2005 ya aku esih sekolah hahaha

      Delete
  2. jaman SMA kalaupas laginongkrong diperempatan, lalu ada cewe bohay lewat, pasti kami terus menduga-duga kalau serabi nya pasti tebel....#ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwwk maksudnya apa ini...? 😂😂😂😂

      Delete
  3. Wangi serabinya berasa sampai sini. :D

    ReplyDelete
  4. keliatannya enak yaa.. murah lagi.
    ditambah duren kayaknya lebih enak.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, yang suka durian boleh laah request durian, :D

      Delete
  5. enak ya mbak, apalagi kalau masih anget-anget. Sandingane kopi hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, enak banget hahaha, duuh jadi pengen makan serabi lagi nih di pagi hari ini

      Delete
  6. tahun kemaren saya ke Purwokerto malam hari, nginep paginya langsung cus pergi... jadinya g sempat jalan-jalan deh

    ReplyDelete
  7. 10 biji serabi ini kayaknya bisa aku habisin drch secara katanya enak begitu. Ups ini lapar apa doyan ya? 😁😁😁😁

    ReplyDelete
  8. belasan tahun lalu pernah ke sini dan nyipin serabi ini

    ReplyDelete
  9. Wuaaaikiiii ..
    Jajanan pasar serabi yang dimasak pakai tungku dan kita bisa lihat langsung proses memasaknya begini nih .., yang udah jaraaaang banget bisa ditemui lagi ..

    Eunak tenan kuy ...

    ReplyDelete

Scroll To Top