Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Naik KAI di Era New Normal

By Eri Udiyawati - 22:20:00

Tiket Kereta Api
Saat ini kita tahu dan sedang melawan pandemi global Covid-19 yang melanda. Kasus baru masih terus ada sampai hari ini. Dan kita juga tahu, akibat adanya pandemi ini membuat beberapa aspek terhambat. Memaksa kita stay at home. Kalaupun harus keluar rumah, kita wajib menggunakan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan. Agar kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai virus meski terpaksa harus keluar rumah.

Selama kurun waktu tiga bulan tinggal di rumah terus itu cukup membosankan, dan bagi yang penghasilannya masih pas-pasan, sungguh, itu hal yang berat karena tinggal di rumah itu sama artinya tidak mendapatkan penghasilan. Untuk itu, saat ini kita boleh bepergian untuk mencari penghasilan dengan catatan mematuhi protokol kesehatan.

Selain menjalani protokol kesehatan, kita juga wajib olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin, supaya imunitas kita makin meningkat. Dengan begitu, virus tidak akan mudah untuk menyerang kita.

Okay, hal-hal di atas ialah salah satu upaya untuk mencegah Covid-19. Lalu bagaimana ketika kita harus bepergian ke luar kota untuk urusan yang mendesak atau urgent? Nah, hal ini sangat-sangat perlu diperhatikan karena perjalanan jauh itu cukup berbahaya. Bukan hanya persiapan diri sendiri saja, melainkan tranportasi yang digunakan juga harus diperhatikan.

Kendaraan yang memungkinkan untuk bepergian keluar kota saat ini ialah dengan menggunakan mode transportasi kereta api. Karena tiket kereta api saat ini bisa dibeli secara online sehingga meminimalisir kita untuk melakukan pembelian secara face to face. Saat ini kereta api telah menyiapkan keperluannya untuk menghadapi era new normal seperti sekarang ini. Karena kesehatan ialah hal utama yang harus diperhatikan dan dijaga.

Tiket Kereta Api


Dan bukan hanya itu kelebihan naik kereta api di saat pandemi begini, karena pihak Kereta Api Indonesia (KAI), memberikan syarat-syarat kepada calon penumpang agar kita semua merasa aman, seperti:

1. Calon penumpang harus menggunakan masker/face shield atau melakukan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan

2. Suhu badan calon penumpang maksimal 37,3° C

3. Wajib melampirkan hasil test PCR yang menunjukan hasil negatif dan berlaku selama 14 hari; atau rapid test dengan hasil non reaktif

4. Tidak sedang sakit batuk, pilek atau influenza, serta sakit lainnya. Jadi, harus benar-benar kondisi fit ketika akan naik kereta api

5. Seluruh penumpang harus jaga jarak baik di dalam kereta maupun di stasiun keberangkatan atau tujuan

6. Menggukan baju lengan panjang atau jaket, serta rajin cuci tangan

Itulah beberapa hal yang harus dipenuhi ketika kita akan naik kereta api. Dan saya tambahkan juga nih, jangan lupa membawa hand sanitizer serta masker ganti. Sehingga selama perjalanan kita lebih tenang, dan perlu digaris bawahi, tidak perlu mengobrol dengan penumpang lain.

Sesampainya di stasiun tujuan, kita juga sebaiknya tidak perlu duduk-duduk atau menunggu sesuatu. Segalanya harus cepat-cepat dan tidak berinteraksi dengan orang-orang yang ada di stasiun tersebut.

Okay, semoga infomasi ini bisa bermanfaat bagi semuanya yang ingin bepergian dengan moda transportasi kereta api di era new normal. Karena kondisi tertentu, terkadang kita harus bepergian. Dan kereta api memang menjadi pilihan yang tepat dan terbaik untuk saat ini.

Berdoa juga semoga pandemi ini segera berlalu sehingga kita bisa bepergian jauh untuk traveling atau hangout dengan aman dan tenang.

Terima kasih.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)