Menikmati Sajian Legendaris Sate Khas Blater Pak Indra

Sate Khas Blater Pak Indra
Menikmati Sajian Legendaris Sate Khas Blater Pak Indra

Hai, Sobat Travelingku. Kali ini saya masih dalam dunia persatean. Setelah sebelumnya sate kambing muda yang sangat menggugah selera, saat kita cicipin sate ayam yang tak kalah enaknya. Ini waktunya di hari yang sama dengan pertama kali datang ke Sate Kambing Pak Yani. Hanya saja datangnya ini sudah siangan, hehehe. Saat ini jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda, jadi masih bebas mau makan di mana ya, Gengs.

Alamat Sate Khas Blater Pak Indra

Dari Sate Kambing Pak Yani, kami turun ke kota mencari kulineran yang lezat dan menggoyang lidah. Dunia persatean di Purbalingga memang sangat banyak. Baik itu sate kambing maupun sate ayam. Karena tadi sudah menikmati sate kambing, saatnya mencari sate ayam. Lokasinya terletak di dekat jantung kota Purbalingga. Alamat lengkap di Jalan Kapten Sarengat Nomor 11A, Purbalingga. Dari Alun-alun Purbalingga ke Timur, setelah lampu merah ke kanan. Tepat di perempatan. Yes, dari jalan raya juga sudah terpampang Sate Khas Blater Pak Indra, atau orang di sini sering menyebutnya Sate Blater.

Kenapa Disebut Sate Blater


Kenapa disebut Sate Blater? Asalnya, dulu sate yang terkenal enaknya khas di Purbalingga itu ada di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga. Ini cukup jauh dari kota. Namun, orang-orang dulu, seperti terjegal oleh 'peraturan' yang katanya orang Blater tidak boleh jualan sate di luar desa Blater. What? Rasanya susah, kan? Bagaimana cara mengembangkan usaha tersebut. Hingga pada akhirnya Pak Indra memberanikan diri untuk berjualan sate di luar Desa Blater.

Awalnya, keputusan Pak Indra tersebut juga banyak yang menentang. Banyak sesepuh yang mengkhawatirkan kalau keaslian sate Blater nantinya akan hilang dan punah. Namun, dengan gigih dan tekun, Pak Indra membuktikannya. Di tengah kota Purbalingga, dia bisa sukses berjualan sate. Dan saat ini menjadi salah satu kuliner legendaris khas Purbalingga. Setiap orang yang rindu rasa sate Blater, bisa ke warungnya.

Bukan hanya itu pula, banyak penjual sate khas Blater yang berani keluar desanya dan membuka kios atau warung makan di tempat lain. Hmm, semangat dan usahanya Pak Indra memang patut dicontoh, nih.

Keunikan Rasa Sate Blater


Sate Ayam Khas Plater racikan Pak Indra ini memang mempunyai keunikan tersendiri. Tak heran, selalu ramai pengunjung terlebih ketika jelang makan siang. Uniknya, sate ini itu berciri khas lebih ke manis. Bumbu dan kecap meresap ke daging ayamnya dengan sempurna. Karena proses membuat sate Blater ini tak sebentar. Sebelum dibakar, daging ayamnya itu dimasuk dulu dengan bumbu rahasia. Setelah dimasak, dicelupin lagi ke bumbu, terus taruh di atas arang.

Selain itu, dari proses yang cukup lama ini, sate ayam Khas Blater Pak Indra juga menggunakan daging ayam yang sudah cukup umur, sehingga pada saat dimasak, dagingnya tidak terlalu menyusut. Karena dengan olahan dan daging yang sudah cukup umur, tak heran, Sate Khas Blater Pak Indra ini bisa awet hingga 3 hari. Mantap, banget, kan.

Harga Sate Ayam Khas Blater Pak Indra


Untuk harga seporsi sate ayam pada saat saya beli Rp 17.500 sudah termasuk lontong. Dan harga itu termasuk murah lho menurut saya, karena dapat 10 tusuk sate ayam komplit dengan bumbunya. Yang mau menikmatinya, yuk, segera main ke Purbalingga.


Okay, Guys, itu cerita tentang Sate Ayam Khas Blater Pak Indra yang ada di Purbalingga. Buat teman-teman yang main ke Purbalingga, jangan lupa mampir ya. Informasi lebih lanjut bisa hubungi di nomor 0851-0064-6331.

Sampai jumpa di cerita kuliner lainnya di travelingku.net. Terima kasih sudah berkunjung :)

15 comments

  1. Unik nih, jadi salah satu yg khas kuliner yg wajib di coba di Purbalingga
    Aku jug sempat dengar sate blater terletak pada proses pengolahannya. Karena sebelum dibakar, daging sate juga diolah terlebih dahulu ya

    ReplyDelete
  2. Sate Blater yang khas sudah jadi iconic di Purbalingga ya... Kapan berkesempatan ke sana harus coba. Apakah daging ayam yang sudah cukup umur tidak alot...

    ReplyDelete
  3. Wah, baru tau nih ada sate blater. Cara masaknya juga unik. Dimasak dulu, baru dibakar. Jadi satenya gak setengah matang seperti sate kebanyakan ya.

    ReplyDelete
  4. Sate ayam Blater ini bedanya sama sate ayam biasa apa ya kak? Sekilas menggiurkan banget nih, bikin laper dadakan. hehehe

    ReplyDelete
  5. Harga 17.500 dapat 10 tusuk sate plus lontong memang termasuk murah juga menurut saya. Di Bandung rata-rata di atas 20ribuan porsi segitu.

    ReplyDelete
  6. Waduh. Nambah lagi nih perbendaharaan kata soal macam-macam sate. Nice infooo

    ReplyDelete
  7. Duh ngiler pagi-pagi disuguhi sate begini mba, hehehe
    jadi berawal dari asal daerah Blater gitu ya, jadi pengen coba juga nih mba
    apalagi kalo banyak sambelnya duh bisa abis banyak lontong

    ReplyDelete
  8. Apa pertimbangannya ya orang tidak boleh berjualan di luar desa Blater? mudah-mudahan karena strategi marketing, supaya pengunjung banyak yang datang ke desa Blater, dengan demikian perekonomian jadi lebih hidup :)

    ReplyDelete
  9. Enak nih kelihatannya ya kak. Aku pecinta sate sihh kk, paling suka sama sate ayam, hehehe

    ReplyDelete
  10. Wah kalau ke purbalingga harus mampir ke sate ini nih. Kayaknya rasanya enak nih dan menarik dari sejarah nya

    ReplyDelete
  11. wahh iya ini enak ya mbak
    aku pernah dibawain ini pas raker di purbalingga

    ReplyDelete
  12. wohooo sate ayam salah satu makanan favorit ku sih! apalagi yang diselipin sama lemak dan pake bumbu kacang beehh enakkk polll

    ReplyDelete
  13. Tolong kak saya jadi lapar . tolong kirimkan ke rumah saya. Hehe. Bercanda . Mantap nih sate Blater. Saya baru tahu . semoga bisa main ke Purbalingga. Aamiin

    ReplyDelete
  14. Wah jadi penasaran pengen nyoba... tapi tinggalbya nggak di pubalingga hiks

    ReplyDelete
  15. Dewi suka sate mbak Eri, pas banget dapat referensi persatean di purbalingga. Ntar kalau ke sana, Dewi harus kunjung ke sate blater pak Indra nih... Salam OT....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)