Liburan Sambil Belajar? Bisa Banget di Wisata The Samingah Wised

Liburan di The Samingah Wised

Kalau weekend asyiknya tuh jalan-jalan bareng anak dan suami. Meskipun nggak jauh, tapi cocoklah untuk melepas penat setelah beberapa hari, otak, pikiran, hati, dan tenaga diperas untuk mencari pundi-pundi rupiah. Sampai rela ninggalin anak, jadi pas ada kesempatan libur ya hangout bareng gitu. Biar anak senang, emak juga ceria meskipun dompet suami akan cepat menipis kalau kami liburan, hihihihi.

Liburan kali ini cukup dekat dari rumah, masih di wilayah Kabupaten Purbalingga, tepatnya di Limbasari, Kecamatan Bobotsari. Buat warga Purbalingga dan sekitarnya sudah pasti tahu nih, saya ke mana.

Ya, tidak salah lagi, saya ke The Samingah Wised (Wisata Edukasi) Limbasari. Salah satu destinasi wisata yang belum lama dibuka di Purbalingga. Cocok buat liburan keluarga bareng anak kecil.

Lokasi The Samingah Wised Limbasari


The Samingah Wised

Namanya saja ada ‘Limbasari’, tentu saja terletak di Dusun 3, Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Kode Pos: 53353. Di Desa Limbasari sebenarnya ada juga wisata lain yakni River Tubing. Saya juga pernah menjajal pengalaman River Tubing yang cerita lengkapnya bisa dibaca di sini: Pacu Adrenalin di Wisata Air Limbasari.

Selain itu, di Limbasari juga terkenal dengan karya batiknya yang memesona. Pokoknya nggak salah deh kalau liburan ke Desa Limbasari, banyak pilihan meski hanya satu desa.

Harga Tiket Masuk ke The Samingah Wised


Harga tiket ada dua macam, yang pertama di weekdays (Senin - Jumat) sebesar Rp 15.000/orang, sedangkan di hari Sabtu dan Minggu sebesar Rp 20.000/orang. Waktu kami ke sini pas hari Minggu jadi tiketnya Rp 40.000 untuk bertiga. Anak kami masih kecil jadi belum masuk hitungan.

Bersantai Menikmati Indahnya Alam di The Samingah Wised Limbasari


Datang belajar dan bermain
Kegiatan yang bisa dilakukan di The Samingah Wised.
Sumber: thesamingahwised.com

Pada dasarnya, The Samingah Wised ini merupakan wisata edukasi. Bahkan, ada 9 pos edukasi yang ada di dalamnya. Dan setiap pos ada pendamping atau guru yang menemani di situ.

Yang pertama, ada 99 anak tangga yang melambangkan asmaul husna. Hal ini cocok untuk anak-anak yang sedang mulai belajar tentang agama Islam.

Yang kedua, ada Dome Museum Tani Indonesia. Dan ini yang paling unik menurut saya, karena di sini pengunjung bisa tahu dan melihat pertanian yang ada Indonesia khususnya di Wilayah Kabupaten Purbalingga.

Yang ketiga, lahan basah atau yang sering kita kenal dengan sawah basah untuk menanam padi.

Yang keempat, lahan kering yang berisi tanaman/tumbuh-tumbuhan yang bisa membuat udara semakin sejuk meskipun di cuaca yang sangat panas begini.

Keseruan di The Samingah Wised

Yang kelima
, budidaya ikan, mengajak pengunjung untuk menikmati proses budidaya ikan. Buat yang bawa anak-anak sudah pasti seru banget nih.

Yang keenam, bermain menangkap ikan di sungai. Di sini, ada aliran sungai kecil yang berisi ikan-ikan yang bisa kita tangkap. Yang enggak takut basah-basahan harus cobain ini.

Yang ketujuh, game paintball, ini seperti bermain perang-perangan sih. Biar anak-anak belajar tentang sejarah perang yang terjadi di Indonesia.

Yang kedelapan, aksi mini tubing. Ya, di wisata ini ada konstruksi saluran irigasi peninggalan kolonial bisa dimanfaatkan untuk mini tubing di sungai.

Yang kesembilan, ada 3 kolam renang dengan air yang jernih. Buat yang suka berenang, cocok banget main di The Samingah Wised.


Dari 9 arena yang tersedia di The Samingah Wised, saya hanya menikmatinya beberapa saja. Di antaranya menjelajahi lahan sawah dan bersantai di lahan kering terdapat gazebo atau tempat duduk untuk bersantai.

Pemandangan di The Samingah Wised

Saya, suami, dan anak, sempat berkeliling di area sekitar. Apalagi sekitar kolam renang, pengen renang tapi nggak bawa baju renang. Jadinya hanya mampir di toiletnya saja. Hahahaha. Setelah itu lanjut melihat ikan-ikan yang di sungai, anak saya sebenarnya suka main ikan, tapi lagi-lagi kami enggak bawa ganti. Jadi ya, skip saja permainan ini.

Santai di The Samingah Wised
Kalau capek bisa nyantai di sini



Kami mencari tempat duduk yang rindang untuk menikmati pemandangan. Ya, konsep di sini memang untuk menikmati pemandangan sambil ngemil. Untuk urusan ngemil, tenang, di sini juga ada yang jualan.

Setelah cukup lama karena kami dari pagi datang, selepas shalat dzuhur kami melanjutkan perjalanan ke Purwokerto. Anak kami minta mandi bola di Happy Edutown Rita SuperMall Purwokerto.

Fasilitas yang Ada di The Samingah Wised


Fasilitas yang tersedia di The Samingah Wised cukup banyak, seperti:

1. Kamar Mandi/Toilet
2. Mushola
3. Dome Penginapan
Buat teman-teman yang mau menginap atau staycation di sini juga boleh lho. Bisa reservasi ke nomor 082210888845


4. Gazebo/tempat bersantai di pinggiran sawah
5. Kantin tempat jajan. Kami di sini jajan mendoan, sosis goreng, minuman dingin dan kopi. Ngemil di pinggir sawah itu enak ternyata.

Jajanan di The Samingah Wised


Penutup


Nah, buat teman-teman yang sedang galau merencakan liburan ke mana, tidak ada salahnya lho mencoba datang ke The Samingah Wised. Bisa bareng keluarga, teman, atau mungkin sendirian juga no problem.

14 comments

  1. jadi pengen ngajak keluarga liburan ke sini. banyak juga ya fasilitas wisatanya. apalagi ada kolam renangnya. siap2 bawa baju ganti sih kalau gini

    ReplyDelete
  2. Mbak Ery.. aku tuh masih punya budhe yang tinggal di Bobotsari. Tapi kami sendiri gak pernah ke sana. Dulu sih waktu kecil diceritain kalau Bobotsari tuh anu.. *gak enak ngomongnya, tapi membaca tulisan ini, jadi pengen ke sana sekalian dolan ke budhe.

    ReplyDelete
  3. harga tiket masuknya terjangkau banget ya, dengan harga segitu udah bisa menikmati pemandangan dan fasilitas menarik yang ada di dalamnya

    ReplyDelete
  4. Wah seru banget ya ada wisata alam sambil travelling juga. Andai di dekat rumah saya ada tempat wisata kayak gini, pasti bakal ajak anak - anak kesana.

    ReplyDelete
  5. Wah senangnya bisa weekend bersama keluarga di Samingah wised. Tempatnya enak ada gazebonya pula bisa duduk lihat pemandangan indah dari sana yaa. Alhamdulilah sudah pasti ini adalah paket liburan yang menyenangkan .

    ReplyDelete
  6. Lihat pemandangannya bagus banget ini, apalagi dengan fasilitas yang cukup lengkap menurutku untuk sekedar relax sejenak ya.

    ReplyDelete
  7. Kalau pas sama keluarga emang enaknya milih tempat2 yang kering. Foto2 aja, jaga baju gak kotor hehehehe.Tapi kyknya lokasinya seru tuh buat outbond kantor atau sekolah anak2. Nah bisa tuh main basah2an ya kyk ke kolam atau main di sungai. Btw kalau sawah basah apa pengunjung juga bisa mencoba menanam padi? :D

    ReplyDelete
  8. Wah, banyak juga ya pilihan wisata alamnya. Jadi pengen juga ke sana. Ngajakin anak-anak bisa banget nih karena buat edukasi juga

    ReplyDelete
  9. Kok menarik, Mak.. Staycation di sana kira-kira berapa ya? Pengen deh, soalnya kami belum pernah ke Purbalingga juga. Kelihatannya asik, liburan tapi tetep ada edukasinya.

    ReplyDelete
  10. Wisata edukasi yang lengkap.
    Seneng banget ajak keluarga buat ngeliat yang ijo-ijo seger dan jauh dari polusi ke The Samingah Wised Limbasari. Selain itu juga bisa menjajal River Tubing rekomendasi ka Eri nih..

    ReplyDelete
  11. Wah ini wisata murah meriah dengan banyak pos. bisa puas banget ini ya keliling seharian. liburan sambil belajar juga
    kalaupun lapar juga ada jual makanan disana

    ReplyDelete
  12. Terima kasih banget nih rekomendasinya. Pastinya seru banget kalau nginap di sini. Apalagi fasilitas lengkap banget bakal Pengen deh mampir ke The Samingah Wised.

    ReplyDelete
  13. Aku juga kalau weekend ngajak family time yang gak jauh dari rumah. Pertimbangannya juga yang murah meriah, apalagi bisa berkunjung ke wisata edukasi seperti The Samingah Wised ini.

    ReplyDelete
  14. Arena wisata di The Samingah Wised ternyata sebanyak itu ya Mak. Bener2 bisa seharian explore kalo ke sana nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)