Kelezatan Mie Ayam Kripik Pangsit "Rawuh" yang Wajib Dicobain

Halo, Sobat Travelingku. Saya kembali lagi nih, mau cerita tentang kuliner lagi. Ini tentang mie ayam (lagi). Ya, untuk kesekian kalinya saya makan mie ayam bareng suami. Karena di Purbalingga banyak sekali warung mie ayam yang enak dan lezat, serta harga sangat bersahabat.


Kala itu saya dan suami ingin kulineran di mana, muter-muter di Kota Purbalingga yang ujung-ujungnya kalau saya ditanya jawabnya, "Terserah." Setelah capek dan lelah, akhirnya kami memutuskan untuk singgah di Mie Ayam Kripik Pangsit 'Rawuh' Purbalingga, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mie Ayam Rawuh Purbalingga.

Alamat Mie Ayam Rawuh Purbalingga


Mie Ayam Kripik Pangsit Rawuh Purbalingga

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari jantung Kota Purbalingga, bahkan sederet dengan SMA N 1 Purbalingga, Mie Ayam Rawuh selalu menjadi buruan orang untuk menikmati hidangan semangkok mie atau hanya sekadar mengganjal perut.

Alamat lengkapnya terletak di Desa Kalitinggar Kidul, Dusun I, RT 001 RW 002, tepat di Jalan Raya Padamara, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Warungnya berada di utara jalan raya. Sehingga tempat ini bisa dituju dari arah Kota Purbalingga, juga dari Padamara.

Menikmati Lezatnya Mie Ayam Rawuh


Meracik Mie Ayam Rawuh
Mie Ayamnya lagi diracik nih

Setelah capek muter-muter nyari makan apa, akhirnya memutuskan makan Mie Ayam Rawuh. Sampainya di lokasi, kami langsung memesan 2 mangkok Mie Ayam Pangsit. Saya aslinya pengen pangsit basah, pas kebetulan sudah habis. Ya sudah, pangsit kering pun tak masalah. Karena di sini ciri khasnya memang kripik pangsit ya g gurih. Sendangkan minumnya cukup 2 gelas es teh manis.

Setelah memesan, bapak yang menjual mie ayam tersebut langsung meraciknya. Seperti mie ayam pada umumnya. Mie dimasukan ke panci berisi air panas dan dikasih daun caisim. Keduanya dimasak hingga lunak.


Kemudian ditiriskan dan dimasukan ke mangkok yang sudah diberi bumbu. Diaduk rata, selanjutnya diberi toping daging ayam, irisan daun bawang, pangsit kering dan bawang goreng.

Mie Ayam Rawuh siap disantap
Mari makan 😊

Sedangkan kuahnya di mangkok yang terpisah. Mie Ayam Rawuh pun sudah siap dihidangkan. Saat sampai di meja pesanan kami, rasanya tidak sabar lagi untuk melahapnya, tapi ya kudu sabar, panas, Guys!

Okay, pelan-pelan saja menikmatinya. Dari tekstur mie-nya sangat kenyal karena merupakan home made. Tidak begitu lembek dan pas ketika disiram dengan kuahnya.

Pangsit keringnya menambah cruncy dan gurih jika dimakan bersamaan. Belum lagi nikmatnya bawang goreng yang mampu menambah semerbak mie ayam ini.


Perfecto. Mie Ayam Rawuh ini memang juara. Meskipun makannya pelan-pelan, tapi sekejap saja kami menghabiskannya. Setelah itu kami kami tutup dengan menikmati es teh manis. Yang mana cocok juga diminum saat cuaca panas pada saat itu.

Harga Mie Ayam Rawuh Purbalingga


Mie Ayam Rawuh Purbalingga
Mau nambah tapi udah kenyang

Ketika mie ayam dan es teh manis sudah habis, serta perut juga sudah tidak begah lagi, kami beranjak untuk membayarnya. Ternyata harganya sangat murah meriah. 2 mangkok mie ayam dan 2 gelas es teh, hanya seharga Rp 30.000. Semoga saat ini harga belum naik banget, ya. Kalau pun sudah naik ya wajar sih. Sekarang apa-apa mahal. Bahan baku dan sayuran harganya melambung tinggi semua.

Semoga Mie Ayam Rawuh Purbalingga selalu tetap ramai. Salah satu mie ayam yang melegenda nih di Purbalingga. So, buat teman-teman yang mau traveling ke Purbalingga, jangan lupa untuk mampir ke Mie Ayam Rawuh Purbalingga. Salah satu sajian kuliner yang wajib dicicipi nih.

Penutup


Okay, itu cerita kami saat mencari makan dan akhirnya berhenti pada Mie Ayam Rawuh Purbalingga.

Semoga next time bisa kulineran lagi. Terima kasih. :)

24 comments

  1. Aasiiiik ada tambahan rekomendasi mi ayam kalau ke kota..

    ReplyDelete
  2. Ya Allah mba harga mie ayamnya kok murah banget gitu. 2 mie ayam di tambah 2 gelas es teh cuma 30 ribu. Ya ampunnnn jadi pengen. Apalagi minya buatan sendiri ya. Jadi lebih sehat. Penasaran aku rasanya. Soalnya saya penyuka mie ayam juga mba

    ReplyDelete
  3. Wah, mie ayam dan teh manis paduan yang pas ya, apalagi harganya sangat ramah di kantong kita seperti di Mie Ayam Rawuh Purbalingga ini. Hujan begini jadi bayangin mie ayam saja haha

    ReplyDelete
  4. Segala macam mie aku suka, wah ada rekomendasi mie ayam Rawuh di Kota Purbalingga. Next kalau lewat sana aku cari pingin ikut nyicipi juga. Lebih fresh & sehat ya home made gini mienya

    ReplyDelete
  5. mantap nih, aku malah tertarik sama pangsitnya. ini deretan SMA pasti jd langganan anak2 di sana yaa.. tempat bersejarahnya anak2 SMA hihi

    ReplyDelete
  6. Duh, mie ayam :) Suka banggggeeeeedd aku tuh sama mie ayam. Mie ayam rawuh di Purbalingga ini kelihatan yummy ya. Ada pangsit keringnya, kuahnya, mie home made terasa kenyal bakalan bikin aku nambah jadi dua porsi kayaknya hahaha :D Kalau aku senangnya si kuah dimasukkan ke mangkok mienya mbak, lalu diaduk hhmm ah jadi kepengen sekarang wkwkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  7. Aaaaa... Mie ayam kesukaankuuu... Aku tu, Mak, hobi banget makan mie ayam. Di Solo, ada satu mie ayam yang aku suka, tapi dia ngga cuma jual mie ayam, ada baksonya juga. Namanya Bakso Tengkleng Mas Bambang. Di sini mie ayamnya enak.. Kapan-kapan kalau ke Solo, kita nge-mie ayam bareng ya, Mak.. :)

    ReplyDelete
  8. Aku sebagai penyuka mie ayam langsung ngiler ini lihat mie ayamnya, nah biasanya mie ayam di daerah gini tuh enak banget. Kok jadi pengen makan mie ayam ya besok.

    ReplyDelete
  9. Yang namanya mie aku paling suka. Apalagi mie ayam + pangsit+ es teh manis nikmatnya itu loh tiada tara. Penasaran deh mau coba mie ayam rawuh purbalingga

    ReplyDelete
  10. Purbalingga termasuk di daerah, apa2 masih murah ya bun, apalagi kuliner lha wong mie ayam di solo deket rumah ibuku masih murah meriah endeuss surendeus.

    Aq kepo dengan kota purbalingga malahan secara belum oernah kesana sama sekali.

    ReplyDelete
  11. Mie ayam rawuhnya super ngilerin. Tapi sayang jauh di purbalingga. Tunggu buka cabangnya di palembang deh

    ReplyDelete
  12. Looks sooo yummyyy dan harganyaaaaa mursida beneerr

    Aku mauuu kapan² nyoba mie ayam iniii. Kuliner yg kudu wajib bgt buat dijajal niihhh 😁😁😁

    ReplyDelete
  13. Wow, mie ayam memang hidangan yang lezat dan murah meriah ya. Biasanya temannya memang pangsit yang kriuk gitu. Tapi kalau di Jogja ada 2 jenis mie ayam,, ada yg rasanya cenderung manis, ada yang asin. Kalau mie ayam rawuh ini cenderung asin atau manis?

    ReplyDelete
  14. Mie ayam kesukaan kami. Meski sudah pedas dengan sausnya tapi tetap dipakai sambal juga. Seuhah mantap pokoknya...
    30k untuk dua porsi plus minum cukup murah ya...

    ReplyDelete
  15. murah banget ya mie ayam pangsitnya. Berdua cuma 30K. Di Bogor juga ada mbak, di depan UIKA ada mie ayam ceker, itu juga murah banget kalau plain yaa cuma 10K. kalau pake bakso nambah 5000, pakai ceker nambah 7000 gitu aya dan laris.

    ReplyDelete
  16. Suami dan anak saya nih yang demen banget sama mie ayam. Segala titik penjual mie ayam di Mataram kayaknya dijajal semua sama mereka. Dari yang terkenal, sampai yang jarang banget pengunjungnya. Pokoknya yang penting tuh warung ada mie ayamnya.

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen cobain Mie ayam keripik pangsitnya. Coba kalau main ke Purbalingga bisa mampir ke sini ya

    ReplyDelete
  18. Suka banget banget banget sama menu mie ayam.
    Yang pasti bikin lebih suka karena selain rasanya yang enak, harganya pun bikin tersenyum.

    ReplyDelete
  19. Eh kirain tadi 30 rb dapat semangkuk mie ayam ternyataaa dapat dua mangkuk sekaligus minumnya pula. Murce sekali mauuu :D
    Samaan kita mabk kalau makan mie ayam tuh suka pakai pangsit bisa nambah kriuk2 yaa.
    Unik ya namanya "rawuh" artinya "datang" kan dalam bahasa Jawa?
    Eh Purbalingga tuh emang pakai bahasa Jawa/ Gak kan? Sunda bukan sih?

    ReplyDelete
  20. Salah satu yang menjadi daya tarik sajian mie ayam menurutku adalah pangsitnya. Sebagai pecinta sensasi renyah, buatku wajib menyantap makanan dengan condiment kerupuk atau semacamnya yang memberikan sensasi kriuk saat kita kunyah. Banyak juga pangsit rebus yang gak kriuk, tapi pangsit kriuk buatku lebih menggoda hehehe

    ReplyDelete
  21. Mie ayam plus pangsit itu memang jodoh ya di lidah. Favoritku nih mie ayam dengan pangsitnya. Apalagi kalau ayamnya melimpah dan bumbunya berasa

    ReplyDelete
  22. Mie ayam sudah pasti dah, sehari tidak makan kyk ada yang kurang.

    ReplyDelete
  23. ada di grabfood nggak nih? biar pesen dari rumah

    ReplyDelete
  24. Mie ayam tu menu yang banyak penggemarnya. Harganya murah dan mengenyangkan. Rasanya juga enak. Dan sekarang mulai banyak varian toppingnya. Yang pasti rasanya ngangeni...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)