Gulai Melung Bu Hadi, Kuliner Khas Purbalingga yang Legendaris

Gulai Melung Bu Hadi

Hai Hai... Sobat Travelingku
, saatnya kita menyusuri tempat untuk mencari kuliner yang enak. Kali ini saya akan membahas Kuliner Legendaris dari Purbalingga. Salah satu kuliner yang ikonik banget, lho. Bahkan sudah beberapa kali diliput dan dikunjungi oleh media di negeri kita ini.

Okay, tak lain dan tak bukan ialah Gulai Melung. Hmm, pasti sudah kebayang gimana kelezatan dan cita rasa Gulai Melung ini, kan?

Yuk, simak selengkapnya.

Alamat dan Asal Usul Gulai Melung


Kuah Gulai Melung Bu Hadi
Kuah Gulai Melung

Memang, Gulai Melung ini terletak jauh dari pusat Kota Purbalingga. Namun, sebagai pecinta kuliner, tidak boleh patah semangat untuk menemukan hidden gems yang menggugah selera.

Alamat lengkap berada di Dusun Melung, Melung Timur, Larangan, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53393.

Sumsum tulang kambing yang jadi favorit
Sumsum tulang yang banyak diburu

Karena terletak di Dusun Melung inilah, gulai yang diracik oleh Bu Hadi kini lebih terkenal menjadi Gulai Melung Bu Hadi. Namun, bagi Sobat Kuliner pasti tidak akan pernah ragu untuk datang ke sini. Mau jauh dari pusat kota atau tidak, tetap semangat untuk singgah menikmati olahan daging kambing dengan cita rasa yang melegenda.


Bahkan, Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo juga sudah beberapa kali singgah di Gulai Melung Bu Hadi untuk menyantap sajian gulai yang lezat dan penuh bumbu otentik.

Dengan konsistensinya itu, tak heran, Gulai Melung Bu Hadi menjadi salah satu kuliner yang legendaris di Purbalingga. Gulai Melung ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an, dan tetap eksis hingga sekarang. Bahkan rasanya tetap bertahan dari tahun ke tahun.

Sajian Unik dari Gulai Melung


Gulai Melung bikin nambah nasi terus
Gulai dan Sumsum tulang yang yummy

Biasanya kalau kita beli gulai langsung sesuai ukuran standard di penjualnya. Tetapi berbeda sekali pada saat kita membeli Gulai Melung ini. Sebagai pembeli kita bisa request lho. Misal kita request dengan berat ¼ kg daging, kemudian menjadi satu porsi gulai. Namun, kalau kita memesan sesuai porsi yang ada juga tidak masalah.

Penyajian unik lainnya tentu saja karena daging dan kuahnya dipisah. Tidak langsung dicampur seperti gulai-gulai lainnya. Sehingga kita bisa mencicipi kuahnya terlebih dahulu bagaimana kombinasi bumbu komplit yang sudah bercampur dengan santan. Serta bisa menikmati daging yang empuknya secara paripurna.


Gulai Melung

Sajian yang tersedia di Gulai Melung Bu Hadi ini juga bukan hanya gulai daging kambing saja. Melainkan ada kaki kambing yang sering kita sebut dengan 'dengklik/dengkil', ada juga kepala kambing, iga, kikil, balungan, dan sumsum tulang kambing yang begitu menggoda. Setiap pembeli bisa memesan menu sesuai selera dan budget yang kita miliki.

Hal menarik lainnya dari Gulai Melung Bu Hadi ialah tidak berbau prengus. Jujurly, saya juga kurang suka kalau daging kambing yang berbau prengus. Bersyukur banget menemukan gulai kambing yang tidak berbau seperti ini, yakni di Gulai Melung Bu Hadi. So, buat yang kurang suka daging kambing karena aromanya, jangan khawatir, di sini tidak prengus lagi.

Pengolahan Gulai Melung Bu Hadi


Dengkil kaki kambing favorit
Dengkil kaki kambing yang tak kalah menarik

Meski lokasinya jauh, Bu Hadi setiap harinya menyembelih 1 ekor kambing untuk dimasak. Ditambah lagi sedikitnya memesan 200 dengklik/dengkil kambing untuk diolah. Sehingga, dalam sehari, Bu Hadi masak gulai sampai 8 panci dengan 20 butir kelapa untuk santannya.

Pengolahannya masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan tungku dan kayu bakar. Daging dimasak setidaknya selama 2 jam. Hal ini bertujuan agar daingnya empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.


Harga Gulai Melung Bu Hadi


Balungan gulai melung
Bungan/tulang

Ada barang ada harga. Itulah semboyan yang selama ini kita terapkan dalam urusan transaksi jual beli. Tak terkecuali untuk makanan. Harga pasti selalu berbanding lurus dengan kualitas dan rasa yang kita nikmati.

Harga yang ditawarkan di sini juga variatif karena banyak menu. Setidaknya gulai daging kambing bisa Rp 20.000 - Rp 25.000 per porsi. Kalau mau kepala kambing bisa sampai Rp 150.000 - Rp 200.000 per porsi. Jadi, Sobat Travelingku kalau mau makan di sini ya kurang lebihnya Rp 50.000 - Rp 200.000 an deh.

Penutup


Well, itulah ulasan singkat tentang Gulai Melung Bu Hadi dengan cita rasa yang khas. Merupakan salah satu kuliner yang melegenda di Purbalingga. Wajib banget untuk dilestarikan dan disebarluaskan nih, biar makin banyak orang yang datang ke sini.

Untuk itu, Sobat Travelingku, kalau jalan-jalan di Purbalingga, jangan lupa ya untuk mampir ke Gulai Melung Bu Hadi. Dijamin rasanya enak dan maunya nambah terus.

---

Sumber foto: jepretan  dari Mba Neli @nelitanzila .

13 comments

  1. Haaai Ery kunjungan pertama ke sini. Gulainya terlihat menggiurkan.

    ReplyDelete
  2. hmm menggoda sekali kak, kapan2 kalau lagi pulang ke rumah mertua kami cobain ah. walopun kudu ke kota sebelah hehe kalau rumah mertua di banjarnegara

    ReplyDelete
  3. Wuih. Ini pasti favorit banget buat emakku yang doyan daging-dagingan begini. Kalau aku sih karena nggak suka aromanya ya. Tapi nek wes nggak prengus yo harusnya sih aku doyan sih. Tampaknya nikmat pula tuh...

    ReplyDelete
  4. Bagi penggemar daging kambing, sajian gulai Melung pasti jadi salah satu yang recommended. Sayangnya saya nggak doyan daging kambing nih. Gimana dong, hehehe. Unik juga penyajian daging dan kuah dipisahkan, berbeda dengan yang lainnya langsung disatukan. Nice post 👍😊

    ReplyDelete
  5. ehh, aku beberapa kali ke Purbalingga karena ikut suami, belum denger rekomendasi gulai melung nih, nanti pan kapan klo pulang lagi mau coba ahhh

    ReplyDelete
  6. Wow, kepala kambing ini bener2 full kepala yg dihidangkan? Kmrn sempet liat di tv kepala sapi tapi. Dan jujur itu buatku agak2 serem 😶 tp kalo racikan bumbunya enak mah doyan aja ya 😁

    ReplyDelete
  7. Waaw...
    Terpesona sama Gulai Melung Bu Hadi karena bisa rekues seberapa banyak daging yang diinginkan.
    Ini itungannya jadi gimana biayanya, kak?

    Tapi rekomended banget kalo punya acara makan di rumah ya...
    Pesen Gulai Melung Bu Hadi jadi nyaman banget...

    ReplyDelete
  8. Iya mbak
    Ini enak
    Aku pernah makan ini
    Dulu kantorku klo raker di Purbalingga
    Jadi pernah icip icip kuliner khas Purbalingga ini

    ReplyDelete
  9. tumben nih saya lihat penyajian gulai yang daging dan kuahnya dipisah. Dari gambarnya saja sudah menggugah selera apalagi dagingnya kayak empuk yaa

    ReplyDelete
  10. Unik ya gulai melung bu hadi, bisa request porsinya mau berat berapa kilo hihihi. BTW saya ngiler banget liat gulainya, udah lagi lapar liat gulai ini jadi tambah lapar hahaha.

    ReplyDelete
  11. Duh enaknya sumsum tulang itu. Pasti kenyang dan puas nih makan di sini. Tapi kalo udah umur harus hati-hati kolesterol yaak xixi

    ReplyDelete
  12. Waaahh masyaAllaah aslii bikin ngilerr kak. aku baru tahu juga ini makanan khas di sana. kapan2 kalo mampir mesti cobain nih

    ReplyDelete
  13. Catet dulu 😍😍😍. Hidangan kambing itu selalu paling enak. Apalagi kepalanya mba. Aku lama di Aceh sih, jadi udah terbiasa Ama menu kambing yg diolah dari kepala sampe kakinya 😄.

    Semoga ada kesempatan nyobain gulai Melung bu hadi ini 🤤

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)